The Hardest Part is The First Jump

Inspirasi memang dapat muncul di mana saja dan kapan saja. Kadang datang ketika tak dibutuhkan, dan ga datang-datang pas dibutuhin. Misalnya saat ini, ketika sore-sore mendung dan hujan di rumah saya yang adem, saya ditawari bubur ayam oleh Ayah. Kami berdua duduk berhadapan di meja makan, saya cuma mandangin buburnya yang belum kesentuh. Saya udah ga makan bubur sejak tahun pertama di akhir semester 2 kuliah. Waktu itu saya sakit thypus pas banget sebelum ujian akhir semester, karena saya pede ambil 24 sks selama satu semester dan akhirnya kecapekan. Untungnya ada jeda minggu tenang selama satu minggu, dan di situ saya istirahat bener-bener. Namanya sakit thypus, ususnya infeksi, jadi ga boleh makan yang berat-berat. Dan hampir 2 minggu lamanya yang saya makan cuma bubur. Ketika saya sembuh, saya ga mau sama sekali makan bubur, ngeliatnya aja udah mual. Saya menghindar setiap ada bubur mendekat. Ada orang makan bubur, saya ga mau deket-deket. Ada yang ngajakin makan bubur, saya ga mau. Jadi ketika si bubur itu sudah di mangkok dan siap dimakan, saya baru sadar, saya ga ngerasa mual lihat bubur di mangkok itu. Lama sekali saya cuma ngeliatin bubur itu, berharap ada rasa mual, eneg, atau jijik kaya biasanya. Tapi rasa itu ga dateng-dateng. Pelan-pelan saya sendokin buburnya, takut tiba-tiba muntah kaya dulu, tapi nothing happened. Akhirnya saya makan pelan-pelan, suapan pertama, suapan kedua, ketiga dan seterusnya. Ga kerasa mual, biasa saja. Dan di situlah saya sadar, rasa jijik saya sama bubur, sudah hilang dan balik lagi seperti biasa. Setelah 4 tahun lamanya, saya baru ngerasain bubur lagi untuk pertama kalinya...


Oya, akhir-akhir ini saya juga baru lanjut olahraga lagi. Setahun ke belakang, saya sama sekali ga olahraga, paling berenang, itu juga kebanyakan main airnya. Perut saya mulai buncit, badan saya ga keruan bentuknya. Pokoknya ga bagus sama sekali. Akhirnya saya mulai olahraga lagi, dimulai dari lari-lari kecil atau jogging. Pertama kali, kaki-kaki saya pegel bukan main. Apalagi saya nambah olah otot perut pake sit-up segala. Kalo ketawa aja sakit banget. Tapi itulah tandanya jika perubahan berhasil, ada rasa sakit yang mengiringi. Sama seperti ketika kita jatuh cinta, terus putus cinta, diiringi patah hati dan hancur berkeping-keping. Sakit rasanya. Tapi waktu menyembuhkan segala. Walaupun ga seketika, lama-lama rasa sakit itu berkurang dan akhirnya tanpa disadari, hilang. Sama seperti saya dan bubur, tanpa disadari, bubur jadi biasa lagi untuk saya.


Kisah yang pengen saya ceritakan selanjutnya adalah, ketika saya pergi liburan bareng satu angkatan jurusan saya. Ga semuanya ikut sih, tapi saya memilih untuk ikut karena kebetulan ada ongkos dan ada waktu, jadi kenapa tidak. Kami pergi ke Pangandaran, Ciamis. Di sana saya dan teman-teman rafting di Grand Canyon nya. Yang namanya rafting, pasti seru banget. Apalagi waktu itu kami ramean dan arusnya (katanya) lagi kuat. Pokoknya seru banget. Sampai di ujung, ada batu karang atau tebing apapun itu namanya, dan katanya kami boleh naik ke atas terus terjun ke bawah. Sepanjang saya kenal diri sendiri, saya ini takut banget sama ketinggian. Tapi entah kenapa waktu itu saya ga mikir dan ikut-ikut aja ke atas tebing itu, ceritanya mau ikutan terjun dari atas. Mungkin ada satu jam lamanya, saya ga terjun-terjun dari tebing itu. Dari yang pertama nyampe ke atas, sampai teman-teman sudah dua kali terjun, saya masih aja di situ, ketakutan. Sahabat saya, Rizka, ada di sana nungguin saya terjun. Ceritanya, dia bakal terjun kalau saya udah terjun, karena kalau dia duluan, dijamin saya bakal turun lagi ke bawah dan ga bakal terjun. Sampai rambut kita kering, saya tetap ga mau terjun. Setiap kali udah di tepi, saya mundur lagi, udah mau terjun, saya mundur lagi, begitu saja terus. Si Rizka, tetap ada buat saya, dan dia mulai kaksih nasehat panjang lebar. Bukan tentang tebing atau arus kencang di bawah, tapi untuk berani mengambil resiko. Dari A sampai Z dia nasehatin, tetap saja saya ga bergeming. Sampai akhirnya dia mutusin untuk terjun duluan, dan ninggalin saya di atas ketakutan. Tapi guess what? Setelah dia terjun, tanpa pikir panjang saya langsung terjun juga. That was a big relieved, apalagi buat saya yang naik elevator aja udah mual, terjun dari tebing itu rasanya kaya menang doorprize 500 juta!


Saya ga tau ujung postingan ini kemana intinya, tapi yang saya tau kalo saya ga nulis ini sekarang juga maka hal-hal yang pengen diceritakan lenyap ga berbekas. Mungkin karena bubur yang menginspirasi, atau hujan dan bau tanah di luar, tapi saya sadar beberapa hal. Waktu emang nyembuhin luka, walaupun kadang masih ada bekasnya. Insiden bubur itu contohnya, pasti akan ada saat yang tepat ketika kita mau mencoba lagi hal-hal yang dulu dihindari karena kenangan buruk, misalnya. Tapi keputusan untuk mencoba adalah hal yang utama, dan itu membutuhkan keberanian besar. Memang keputusan itu kadang salah, membawa kita ke hal-hal yang menyakitkan dan bikin berandai-andai kalau saja kita ga ngelakuin hal itu. Tapi tahukah kalian, kalau kebanyakan penyesalan adalah menyesal karena tidak melakukan sesuatu. Kalau sudah mencoba, setidaknya tahu gimana hasilnya. Tapi kalau tidak pernah mencoba? Beruntung orang-orang yang pernah mendapatkan kesempatan kedua, karena kebanyakan orang bahkan tidak memiliki kesempatan sama sekali..


Lakukanlah hal-hal yang diinginkan, sebelumnya pikirkan dulu matang-matang. Biasanya, saya terlalu memikirkan, overthinking, bahasa kerennya. Tapi cobalah untuk tidak melewatkan kesempatan, karena kita ga akan tahu apa yang kita lewatkan. Kalo kata Kelly Clarkson, take a chance, make a change, and breakaway.

Jadi sekian dulu kisah sore untuk sekarang. Saya pengen hujan-hujanan di luar, ikutan anak-anak kampung main becek-becekan. Semoga saya, bubur, dan tebing bisa menginspirasi kalian semua.

Have a good day :)






Comments