Besok Saya Wisuda!




Besok saya wisuda!

Wisuda sarjana strata 1 untuk Jurusan itu di Universitas itu. Empat tahun lebih yang lalu saya mengambil resiko pertama dalam hidup, yaitu keluar dari jalur yang selama ini saya jalani, berkhianat sama ilmu alam, beralih ke ilmu sosial demi hidup yang saya inginkan dari jaman sekolah dasar. Masuk ke jurusan yang terdengar keren, berharap bisa go international kaya Agnes Monica. Menjalani tahun demi tahun belajar hal-hal yang sangat saya ga sukain, ilmu sosial. Dari dulu saya ga pernah ngerti apa pentingnya ilmu sosial untuk dipelajari dengan serius. Ilmu sosial bisa dipelajari dari hidup, dari lingkungan sekitar, belajar sendiri juga bisa, tinggal banyak baca saja, ga perlu menempuh pendidikan lebih jauh untuk belajar sosial. Itu pendapat saya dulu. Dan sampai sekarang masih sama. Tapi nyatanya, saya di sini besok wisuda dengan gelar mirip Ilmu Sosial, malah lebih abstrak lagi, Ilmu Politik. Yeuk! Politik!! Tau apa saya tentang politik? Suka pun ngga. Saya lebih suka matematika, belajar aljabar, integral, persamaan pertidaksamaan, saya cinta kimia! Jatuh hati sama rumus-rumus kimia, etil, eter, ester dan sebagainya. Terus, saya ngapain sekarang??? Ya inilah, resiko besar pertama yang saya ambil. Mengejar mimpi. Nyatanya saya bisa sampai di sini. Melewati tahun-tahun belajar ilmu politik dengan nilai yang terkadang random. Di sini anda ga bisa lihat orang pintar atau ga hanya dari nilai, tapi dari omongannya, Semakin pinter ngomong, semakin pinter orang itu. Contoh: Politisi. Nah saya, orangnya pendiam gini, ngomong aja jarang, maka bisa disimpulkan saya ga pinter dan ga bakat jadi orang yang banyak omong (baca: Politisi).

Tapi di sini lah saya, berhasil menyelesaikan skripsi ilmu politik selama lebih dari satu tahun. Lebih dari separuh waktunya saya habiskan untuk main, main, main, dan main. Sisanya gabungan antara tidur, galau, dan skripsi. Gimanapun, besok saya pake toga, nyalamin dekan-dekan, besok, saya wisuda!!


Besok saya wisuda..

Yah, besok saya wisuda.. Sudah selesai pendidikan sampai sarjana. Selanjutnya, langkah yang saya ambil adalah pilihan sendiri. Udah cukup ngerepotin orangtua, dikasih duit terus tiap hari. Mulai besok saya sudah resmi punya gelar. Harus bertanggung jawab sama jalan yang udah diambil. Harus bisa ngasih duit ke orangtua. Pokoknya setelah besok saya diwisuda, semuanya jadi beda. Ga bisa lagi main dan ngehedon makan enak, rasanya kayak makan uang. Jujur deh, saya lebih pilih ditanya orang-orang, "Gimana skripsi?" dibanding ditanya "Gimana kerja?". Cari kerja susah, apalagi kalo idealis macam saya. Sekarang mulai saya ngeraguin pilihan saya lima tahun lalu. Kenapa saya ga masuk Institut itu, kenapa saya pilih Universitas ini. Seandainya saya dulu begini, maka sekarang begini... Wah ga ada abisnya saya berandai-andai. Belum pernah saya pengen banget ngulang waktu dan ngubah semuanya sejak delapan tahun lalu. Dari sejak saya sidang, sampai saat ini, saya masih aja berandai-andai gimana kalo gelar saya ESTE, buka SIP. Kenapa saya ngejar mimpi dan ngejalanin yang saya ga suka, dibanding jalanin apa yang ada? Ah macem-macem pikirannya, semuanya ga ada yang kejawab, kecuali satu. Itu yang saya inginkan dulu. Nah sekarang? hhhhh...

Lain dulu lain sekarang. Tapi buat saya dulu sama sekarang sama aja. Saya cuma baru sadar kalo banyak jalan menuju Roma. Yang dulu saya liat, itu jalan utamanya. Ternyata sekarang saya baru tahu banyak jalan lain yang bisa ditempuh. Tapi udahlah, yang penting saya masih pengen ke Roma. Dan prosesi besok, hanya formalitas dan simbol, untuk mengingatkan tujuan utama saya awalnya. Fokus. Usaha, serta berdoa. Saya percaya, suatu saat bisa ke Roma, asal ada kemauan pasti ada jalan.Jangan malas. Kerja keras pasti terbayar, gimanapun hasilnya. Jangan putus asa, Tuhan itu Maha Adil dan Maha Mengetahui, pasti tau apa yang terbaik buat kita. Dan saya yakin, pilihan yang saya ambil, pasti ada hikmahnya. Suatu saat. Untuk sekarang sih yang pasti susah cari kerja. Tapi ga juga kok, banyak teman-teman dan senior saya sukses bukan main. Pokonya percaya aja deh. Buat sekarang, saya ga boleh lagi berandai-andai. Jalani pilihan dan resikonya. Pokoknya, saya besok wisuda, dan semoga besok-besoknya saya bisa wisuda lagi dan lagi. Datang ya, besok saya wisuda! :D



Comments

Post a Comment