Fearless

No, I don't want to talk about Taylor Swift and her full award album. Either talk about Jet Li's movie.. I will talk about, Fear, the only fear, that really contagious, no matter how brave you are..




I don’t know what’s right and what’s real anymore
I don’t know how I’m meant to feel anymore
When do you think it will all become clear?
‘Cause I’m being taken over by the fear
-- The Fear, Lilly Allen





What?

Takut, selalu ada dalam benak tiap orang.. Saya juga pastinya punya ketakutan-ketakutan tersendiri. Mulai takut terhadap hal-hal remeh kayak cicak, badut, sampai yang rada serius kaya ketinggian, perpisahan, dan kehilangan.. :)

"FEAR is an acronym in the English language for "False Evidence Appearing Real""
---- Neale Donald Walsch

"Fear is a tyrant and a despot, more terrible than the rack, more potent than the snake."
---- Edgar Wallace - The Clue of the Twisted Candle (1916)

"Fear is that little darkroom where negatives are developed."
---- Michael Pritchard

"The oldest and strongest emotion of mankind is fear."
--- H.P. Lovecraft



Who?

Bahkan orang terkuat dan paling berani sekalipun memiliki ketakutan. Kadang ketakutannya berada dalam kelemahannya, atau kelemahannya adalah rasa takut itu sendiri.

"A timid person is frightened before a danger, a coward during the time, and a courageous person afterward."
---- Jean Paul Richter (1763 - 1825)

"Everyone has certain fears, certain things that one cannot abide."
---- Takayuki Ikkaku, Arisa Hosaka and Toshihiro Kawabata, Animal Crossing: Wild World, 2005



When

Setiap saat, rasa takut bisa datang tiap saat. Bahkan di kala saya merasa paling berani di dunia, dan memiliki segalanya, rasa takut bisa tiba-tiba menyerang, dan membuat goyah.

"People are never more insecure than when they become obsessed with their fears at the expense of their dreams."
---- Norman Cousins

"Every time we choose safety, we reinforce fear."
---- Cheri Huber



Why

Kenapa ada rasa takut? Saya hanya bisa menjawab, karena saya manusia. Saya takut Allah, saya takut karma, takut kualat, takut sedih, dan hal-hal yang tidak diinginkan.

"Fear breeds fear."
---- Byron Janis

"The greatest mistake you can make in life is to be continually fearing that you will make one."
---- Elbert Hubbard



How

Well, menurut saya ketakutan ngga akan pernah pergi sepenuhnya. Yang bisa dilakukan hanyalah menghadapinya. Atau kalo mau coba cara saya, ya menghindarinya. Hehe.. Misalnya karena saya takut ketinggian, ya saya akan coba menghindari tempat tinggi. Untuk mengatasi perpisahan, maka saya selalu mengabaikan pertemuan. Dan untuk kehilangan, saya akan mencoba untuk tidak merasa memiliki akan sesuatu. :)

"To overcome a fear, here's all you have to do: realize the fear is there, and do the action you fear anyway."
---- Peter McWilliam

"Be not afraid of life. Believe that life is worth living, and your belief will help create the fact."
---- Henry James

"Don't waste life in doubts and fears; spend yourself on the work before you, well assured that the right performance of this hour's duties will be the best preparation for the hours and ages that will follow it."
---- Ralph Waldo Emerson

"Feel the fear and do it anyway."
---- Susan Jeffers, Feel the Fear and Do It Anyway, 1988

"Fear less, hope more; Eat less, chew more; Whine less, breathe more; Talk less, say more; Love more, and all good things will be yours"
---- Swedish Proverb



Tapi walau bagaimanapun, lari dari sesuatu jarang berujung baik. Tetap aja, cara yang paling bijak adalah menghadapinya. Bagaimanapun saya menghindari tempat tinggi, pasti ada kalanya saya berdiri di tangga yang fragile, atau jembatan, atau lift yang tembus pandang, atau eskalator. Tempat-tempat seperti itu ngga bisa saya hindari sepenuhnya.

Begitu pula dengan mengabaikan pertemuan, terkadang ada beberapa pertemuan yang tidak bisa saya abaikan sama sekali. Ketika saya bertemu teman-teman saya, bertemu orang baru, bertemu dengan orang yang sama sekali tak dapat diabaikan... Semakin mencoba untuk menghindar, semakin dalam saya teringat. Just like quicksand. Its dreadfull..

Bagaimana dengan berusaha untuk tidak memiliki? Mungkin ini adalah hal yang paling saya takutkan, kehilangan. Kehilangan teman, kehilangan suatu hubungan baik, kehilangan keluarga, kehilangan orang yang disayang. Tidak ada yang ingin merasa kehilangan. Dan untuk menghindarinya, saya selalu berusaha mengerem untuk tidak merasa memiliki. Tapi tetap saja, saya masih sering merasa kehilangan. Dan ketika merasa kehilangan, biasanya saya hanya berujar begini pada diri sendiri, "You can't lose what you don't have.." Dan kata-kata itu bikin saya mikir kalo nothing to lose.. Sekilas seperti orang yang ikhlas dan sabar ya, tapi sejujurnya, itu fake banget! Hehehehe...

Tetap saja, bagaimanapun saya manusia, selalu merasa kehilangan dan kecewa. Bagaimanapun saya tidak mau berharap, selalu akan ada harapan-harapan liar yang muncul.

Harapan untuk berani menghadapi ketinggian, harapan untuk memiliki pertemuan yang sangat berarti dalam hidup, dan harapan untuk memiliki sesuatu yang selamanya akan terus ada.

Well, you can't not to feel fear, but face it, then you'll become fearless...


xoxo

(not) a fearless
^^



Comments