Laundrysick

Di malam ke-enam ini saya kembali posting dari rumah 'merah' tercinta tempat saya dan 31 orang lainnya menghabiskan malam-malam pertengahan Juli - Agustus bersama. Sampai saat ini, saya belum mengalami homesick alias kangen rumah, atau kosick alias kangen kosan yang parah.. Mungkin di hari ke-11 ini saya mengalami bosan yang agak lebih dari biasanya. Dan juga agak sedikit friendsick alias kangen kumpul bareng temen-temen kampus. Tapi selebihnya, yang saya benar-benar sangat rindukan, inginkan, dan butuhkan adalah, tempat laundry baju. Walaupun baru beberapa kali mencuci baju sendiri, saya sudah sangat bosan. Hehee... Sebenarnya tidak berat-berat amat nyuci sendiri juga. Tapi dasar rasa malas saya yang kadarnya tinggi, jadi saya sudah tidak semangat lg nyuci baju ke mesjid bareng anak-anak, bawa ember, jemur, besoknya nyetrika, dan begitu seterusnya. Saya memang seorang yang pemalas. Melihat baju yang sudah dicuci bersih, dikasi pewangi, disetrika ampe licin, terus dipakai lagi dan siklus pun berulang.

Perasaan yang sama ini pernah saya tuangkan kepada ibu saya. Ketika saya masih kecil, saya sering disuruh untuk menyapu halaman belakang rumah. Halaman belakang rumah itu biasanya kotor karena daun-daun pohon mangga dan cemara yang rontok. Terkadang kalau musim hujan, paving blok pun dipenuhi lumut, sehingga bikin licin. Suatu ketika saya disuruh si mamah untuk nyapu halaman belakang itu. Saya yang pemalas ini berpikir, baru saja kemaren saya nyapu masa saya harus nyapu lagi sekarang...? Dan besok juga pasti nyapu lagi.. Esoknya lagi.. Dan juga seterusnya.. Saya langsung saja bilang begini sama si mamah..

"Mah, buat apa disapu lagi? Besok juga kotor lagi kok..."

Si mamah memandangi saya seperti memandang anak balita nya baru bisa ngomong. Lalu beliau menjawab begini,

"Ya udah, inez juga ga usah makan lagi. Nanti juga laper lagi kan..?"

Saya tertawa mendengar jawaban si mamah, dan langsung saja menyapu dengan bersihnya.

Dihubungkan dengan masalah 'laundrysick' yang saya derita, saya jadi teringat cerita itu.. Sampai sekarang saya masih saja tersenyum mengingat bagaimana jawaban sesederhana itu bisa menyemangati hidup saya sedemikian rupa.

Hidup memang sebuah rutinitas. Rutinitas yang kemudian akan membentuk suatu siklus, dimana kita akan berevolusi dan terus belajar di dalamnya. Mau tidak mau, untuk menjalani hidup memang kita harus melakukan rutinitas tsb. Bagaimanapun remehnya.. Ya mungkin seperti mencuci baju bagi saya. Untuk bertahan hidup di sini, saya mesti nyuci baju dan lainnya.. Tapi jujur, untuk saat ini, saya sangat merindukan adanya laundry..

Hmm.. mungkin sekian dulu posting dari saya skrg. Lain kali saya akan menyempurnakan posting ini..







XO

Comments

  1. aku ingat sekali bagaimana rasanya mencuci baju sendiri di Cilumba...dengan mengais ngais air hujan, dan menggunakan batok kelapa sebagai pengganti gayung.....
    oleh karena itu aku sangat menghemat baju...baju baru kuganti kalo udah 4 hari....CD yang sama pun aku pake 3 hari berturut2 bareng sama celana pendeknya...
    Celana jeans malah ga dicuci sama sekali...hehehehehe

    ReplyDelete

Post a Comment